Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan Ke- : 22–24
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi
Indikator :
· Merancang percobaan dan menentukan variabel tetap (kontrol) dan variabel bebas (manipulasi).
· Membuat dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi.
· Menyimpulkan pengaruh konsentrasi, suhu, dan luas permukaan bidang sentuh pada laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan.
· Menuliskan laporan hasil percobaan secara menyeluruh dan mengomunikasikannya.
I. Tujuan Pembelajaran
• Membuat dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi.
• Menyimpulkan pengaruh konsentrasi, suhu, dan luas permukaan bidang sentuh pada laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan.
• Menuliskan laporan hasil percobaan secara menyeluruh dan mengomunikasikannya. Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
• merancang percobaan dan menentukan variabel tetap (kontrol) dan variable bebas (manipulasi);
• membuat dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi;
• menyimpulkan pengaruh konsentrasi, suhu, dan luas permukaan bidang sentuh pada laju reaksi berdasarkan hasil pengamatan;
• menuliskan laporan hasil percobaan secara menyeluruh dan mengo- munikasikannya.
II. Uraian Materi Pembelajaran
Laju reaksi dipengaruhi beberapa faktor, antara lain konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, suhu, dan katalis.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-22
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali penulisan laju reaksi dan orde reaksi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
· Merancang dan melakukan percobaan melalui kerja kelompok di laboratorium untuk mengetahui pengaruh perubahan konsentrasi terhadap laju reaksi.
· Membuat kesimpulan tentang pengaruh konsentrasi terhadap kecepatan reaksi melalui diskusi kelompok.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang percobaan mengetahui pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi.
Pertemuan Ke-23
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali percobaan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
· Merancang dan melakukan percobaan melalui kerja kelompok di laboratorium untuk mengetahui pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi.
· Membuat kesimpulan tentang pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap kecepatan reaksi melalui diskusi kelompok.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang percobaan mengetahui pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi.
Pertemuan Ke-24
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali percobaan pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
• Merancang dan melakukan percobaan melalui kerja kelompok di laboratorium untuk mengetahui pengaruh suhu dan katalis terhadap laju reaksi.
• Membuat kesimpulan tentang pengaruh suhu dan katalis terhadap kecepatan reaksi melalui diskusi kelompok.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indicator dan kompetensi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Sains Kimia SMA 2
• Alat-alat dan bahan laboratorium
VI. Penilaian
Guru menilai keaktifan siswa dalam melakukan percobaan.