Senin, 06 Juni 2011

SALAM PEMBUKA

“EVERYTHING IS CHEMISTRY”

        Semua materi yang ada di bumi ini adalah kimia, materi tersebut meliputi makhluk hidup dan tak hidup. Intinya kimia mempelajari semua yang ada di bumi ini. Sering kita dengar salah satu pelajaran yang paling ditakuti adalah kimia. Pelajaran ini identik dengan guru yang killer dan rumus-rumus yang bertaburan disetiap lembar buku. Padahal jika kita telaah lebih dalam sebenarnya kimia itu mempelajari semua fenomena yang terjadi di bumi ini dari hal yang kecil sampai fenomena yang kompleks.

       Saya termasuk salah seorang yang dulunya tidak begitu menyukai pelajaran ini karena tidak tahu tujuan belajar kimia itu sendiri untuk apa. Setelah menyelesaikan bangku SMA saya berencana untuk mengambil jurusan yang cukup saya kuasai yaitu bahasa Inggris walaupun tidak terlalu menonjol kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor saya dibidang ini, tapi ya lumayanlah ^^. Pilihan kedua saya adalah kimia dan takdir memutuskan bahwa jalan saya ada di kimia. Walaupun kurang begitu mengena di hati tapi ya apa boleh buat yang penting kita tetap yakin kalau jalan yang dipilih Allah SWT adalah jalan yang terbaik untuk kita. Aaamiiiin Y Rabb. ^^ dan harus yakin juga, kita bisa menjalaninya karena tidak ada maksud dan tujuan selain yang baik untuk umatnya jika Allah telah memtuskan suatu jalan. Koq jadi CURCOL y,,, ^^ tapi g apa2 sekalian sharing pengalaman. 

                Setelah lebih kurang 3 tahun bergelut jungkir-balik di jurusan ini perlahan saya mulai menyadari kalau kimia itu adalah bagian dari semua makhluk dibumi ini baik yang hidup maupun yang tak hidup. Banyak sekali fenomena di bumi ini bisa dijelaskan dengan kimia. Sebenarnya bukan banyak lagi malah hampir semua fenomena dibumi ini berlandaskan hukum kimia. Contohnya saja dari hal yang paling kecil 
  1. mengapa jika kita memotong makanan atau sayuran terlebih dahulu akan lebih cepat matang?
  2. Kembang api
  3. Fenomena jatuh cinta
  4. Dan masih banyak lagi lainnya ^^
              Coba deh kalian duduk manis bisa di teras rumah, di pantai, dimana aja deh terus perhatikan peristiwa di sekitar kalian terus tanya sama mbah google mengenai peristiwa yang kalian amati, sedikit banyak ada unsur kimianya. Walaupun dalam menggeluti bidang ini kalian akan mempelajari nenek buyut rumusan kimia tapi ambil hikmahnya j law kita bisa mengetahui semua tabir misteri tentang fenomena yang terjadi di bumi ini. Pasti menyenangkan mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan diri kita sendiri dan lingkungan kita. Akhirnya saya mulai jatuh hati pada bidang ini ^^ walaupun tidak begitu memahami tapi jika saya memperhatikan peristiwa sekitar dan ternyata bisa dijelaskan dengan kimia saya semakin jatuh hati dan lebih tertarik untuk mendekati bidang ini. Semoga sharingnya bisa bermanfaat untuk yang membaca. ^^
              Terima kasih, Arigatou Gozaimasu ^^



3 komentar:

terengkyu k.... :] domo arigatou gozaimashita

wah,,hebat euy. pengalamannya hampir sama,,,arigato :)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites